Wednesday 1 January 2014

Kemasukan Biji Kacang di Hidung? Biasa atau Bahaya?


Pernah nggak sih pas jaman kalian masih kecil dulu hidung kalian kemasukan biji kacang atau baut atau bahkan serangga kecil? Apa sih motivasi anak-anak kecil ngelakuin hal semacam itu?
Aku sendiri sih belum pernah ngalamin hal yang kayak gitu. Tapi menurut survei kecil-kecilan yang datanya aku dapet dari temen-temen yang pernah ngalamin hal ini, kebanyakan dari mereka bilang karena penasaran. Iya. Itu aja. Nggak Lebih.
Alasan ini sama sekali nggak salah. Menurut buku yang aku baca, anak-anak emang suka banget mengeksplorasi hal baru. Salah satu contohnya ya dengan memasukkan biji kacang, kancing, manik-manik, atau benda asing ke dalam hidung mereka. Yap. Anak-anak umur 1-4 tahun dan orang dewasa dengan gangguan mental sangat suka mengeksplorasi tubuh dan menyamankan hidung.
Kemasukan benda asing di hidung merupakan hal yang gawat darurat. Kenapa? Karena memang benda tersebut dapat masuk ke saluran pernapasan alias paru-paru. Kalo udah kejadian kayak gini, ya potensi terjadinya kematian besar sekali.
Benda asing di hidung di klasifikasikan menjadi dua, yaitu organik dan inorganik. Contoh benda organik adalah makanan, kayu, serangga, dan berbagai benda yang dapat membusuk, sedangkan contoh benda inorganik adalah kancing, manik, dan baut. Benda asing organik lebih membahayakan daripada inorganik karena sifatnya yang mudah membusuk dan dapat mengiritasi mukosa hidung sehingga gejalanya lebih cepat, seperti perdarahan di hidung, sedangkan benda inorganik bisa nggak ketahuan bertahun-tahun karena gejala biasanya nggak muncul.
Tapi, ada beberapa benda nih yang nggak perawatannya nggak bisa ditunda, yaitu serangga, biji kacang, baterai, dan material toksik (naftalen). Kenapa? Pada baterai terdapat alkalin yang dapat membakar hidung dan menyebabkan adhesi yang parah. Material toksik jelas banget ya bakalan ngeracunin hidung. Serangga dan biji kacang sangat mudah masuk ke bagian hidung lainnya atau bahkan ke paru-paru sehingga dapat menyumbat pernapasan.

Sebisa mungkin benda asing jangan masuk ke dalam hidung. Jika, sudah terjadi, segera bawa anak ke rumah sakit atau dokter terdekat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

2 comments:

  1. misalkan pilus yang kena air dia lama" melembek. masuk kehidung tiba"ilang apakah itu masuk ke perut.. dan anaknya ini tidak merasakan apa" sakit pun tidak.. gimana tuh ?

    ReplyDelete
  2. Misalkan kemasukan pilus gmna tuh?kan klau kena air lembek biasanya .. di hidung udah gak kliatan kira"ke telen gak ya?anaknya jga gak knpa"

    ReplyDelete