Monday 2 June 2014

Phosphate Bonded Investment

Penggunaan

Digunakan untuk pemendaman high fusing alloy, seperti fusing nobel metal alloy, metal ceramic alloy, dan base metal alloy seperti nikel-kromium dan kobalt-kromium.

Suplai
Bubuk dengan likuid khusus.

Komposisi
1. Bubuk
a. Ammonium diacid phosphate(NH4H2PO4): memberikan kekuatan pada suhu ruang, larut dalam air dan mengeluarkan ion fosfat, dan bereaksi dengan silika pada suhu tinggi untuk meningkatkan kekuatan pada suhu pemendaman.

b. Silika: refractory

c. Magnesium oksida: bereaksi dengan ion fosfat

2. Likuid
    Likuidnya merupakan bentukan sol silika di dalam air yang dapat memberikan ekspansi     termal yang lebih tinggi. 

Reaksi Pengerasan
Pada suhu ruang, ammonium diacid phosphate beraksi dengan magnesium oksida untuk memberikan green strength? atau room temperature strength pada investment.

Ammonium diacid phosphate digunakan dalam jumlah yang banyak pada reaksi ini sehingga tambahannya? dapat bereaksi dengan silika saat suhu naik. Pada suhu yang lebih tinggi terdapat reaksi superfisial antara P2O5 dan SiO2 untuk membentuk silikofosfat yang dapat meningkatkan kekuatan invesment pada suhu yang lebih tinggi.

Manipulasi
Bubuk dicampur dengan likuid dalam jumlah yang sesuai menggunakan rubber bowl dan spatula. Handmixing atau mechanical mixing dengan vakum dapat dilakukan. Material yang telah dicampur digetarkan ke dalam casting ring atau agar mould(RPD framework).

No comments:

Post a Comment